Isnin, 17 Disember 2012

Pelajaran tentang titik dan sudut pandang....

17 December 2012 via Mobile
Pelajaran tentang titik dan sudut pandang.......

Dalam hijaiyah ada titik 1, titik 2 dan titik 3...... titik2 itu adalah tentang "sudut pandang"......

titik 1 itu bermakna "Laailaha illa ana" (tiada ilah kecuali AKU)
titik 2 itu bermakna "Laailaha illa anta" (tiada ilah kecuali ENGKAU)
titik 3 itu bermakna "Laailaha illa huwa" (tiada ilah kecuali DIA)

yang nampak seolah-olah ada 3 ilah (3 sesembahan), yaitu AKU, ENGKAU dan DIA, namun sebenarnya 3 itu adalah satu kesatuan jua yaitu sama-sama disebut titik.

Laailahaillallah (tiada ilah kecuali ALLAH)......

maksudnya antara AKU, ENGKAU dan DIA itu sejatinya adalah ALLAH sendiri, yang seakan-akan bermain-main dalam 3 buah sudut pandang, dalam memandang diriNYA sendiri.......

dalam memandang diriNYA sebagai AKU, maka DIA memandang diriNYA melalui DZATNYA sendiri. dalam memandang diriNYA sebagai ENGKAU, dia memandang DzatNYA melalui sifatNYA sendiri. dalam memandang diriNYA sebagai DIA, DIA memandang DzatNYA melalui af'alNYA.....

selain itu ada juga KAMI. ini adalah DIA memandang diriNYA, melalui DZAT dan sifatNYA.....

permainan sudut pandang, adalah permainan dalam diriNYA sendiri. dengan permainan itulah "kesadaran2" individu dipecah-pecah dalam banyak sekali "kesadaran" yg masing-masng disekat-sekat dan memiliki keterbatasan-keterbatasan.

aku + dia akan menghasilkan kami
aku + kamu akan menghasilkan kita
kamu + dia akan menghasilkan kalian
dia+dia akan menghasilkan mereka

seperti sebuah biji yang telah tumbuh menjadi sebuah pohon, sekarang tak nampak lagi biji itu, yang nampak adalah akar, batang, cabang, daun, ranting dsb....