Sabtu, 29 Disember 2012

Bedah Otak

Otak adalah perangkat khusus manusia yang mampu menjadi tempat bersemayamnya akal. kerusakan pada otak telah terbukti juga menjadikan seseorang mengalami kerusakan akal. Ini menjadikan bukti nyata bahwa ada hubungan khusus antara otak dan akal. Akal itu ada disebalik otak manusia, dia mengendalikan tubuh dan setiap gerakan tubuh, menjalankan proses berfikir dan penyerapan pengetahuan, namun akal bukanlah otak dan bukan bagian dari otak. Kerusakan otak dapat mengakibatkan gagal fungsi akal manusia. umpama otak itu sebuah komputer, akal itulah manusia yang duduk dibelakang komputer dan menjalankannya, komputer yang rusak bisa menjadikan kekacauan proses berfikir.

OTAK BESAR

Otak besar itu terdiri dari dua belahan otak yaitu kanan dan kiri, otak besar memiliki jonjot2 otak/lipatan2 otak, jonjot ini berfungsi sbg lembaran/shuhuf yang berguna untuk menyimpan memori. dalam Qur'an engkau tentu prnh membaca "shuhufi ibrahiima wa musa", jonjot2 itulah shuhuf/lembaran2 penyimpanan memori, itulah lembar2 ibrahim dan musa.

OTAK KECIl

Otak kecil berada dibagian belakang. jika otak besar itu sebagai penyimpan memori dan informasi, maka otak kecil itu ibarat prosesornya. yang mengendalikan otak besar dalam proses berfikir. Keduanya, baik otak besar dan otak kecil itu bekerja sama. belahan otak bagian kiri itu berfungsi untuk menjalankan proses berfikir dan analisa logika. sdng belahan kanan itu untuk proses "imajinasi", membayang-bayangkan sesuatu yang sdng difikirkan. Orang yg cendrung menggunakan otak belahan kirinya akan cendrung ber-IQ tinggi, dan menjadi seorang pemikir. sdng orang yang cendrung menggunakan otak kanannya, akan cendrung berbakat seni, atau atlet atau org2 yg cendrung kpd karya2 nyata.

OTAK PRIMITIF/HYPOTALAMUS....

Otak primitif adalah otak paling kecil dibawah otak besar dan dibagian tengah kepala, fungsi utamanya adalah sbg alat "keseimbangan" tubuh. Disinilah letaknya/hulunya dari ke-5 panca indra. dan disini pula yg sering disebut maa' al hayat atau air kehidupan itu berada. Otak primitif bisa menghasilkan hormon "candu" yang membawa kepada perasaan "senang" dan bahagia, merasa nyaman dan damai. Hormon candu ini sering kali diproduksi otak primitif dalam proses2 ibadah atau dzikir2. Inilah diantaranya yang membuat dzikir itu mengakibatkan kecanduan bagi org2 tertentu. Disebabkan timbul rasa fly (terbang) dan asyik. Kesemua rasa itu sebenarnya masih "tipuan rasa" saja. tapi tak mengapa. sbb rasa tenang dan tentram akibat candu yang dihasilkan hypotalamus saat berdzikir/ibadah itu juga berguna bagi banyak orang utk mengurangi stressnya mereka.
 
 
 https://www.facebook.com/fatwa.kehidupan/posts/506033496083897