Rabu, 19 Disember 2012

3 tingkatan atau pembagian nafsu......

18 December 2012 via Mobile
yang masih pada kebingungan tentang nafsu silahkan baca di note saya untuk menambah kefahaman tentang nafsu dan sumbernya.

Secara sederhananya nafsu itu adalah dorongan, umumnya kalau disebut nafsu atau hawa nafsu saja itu dimaksudkan kepada dorongan2 yang bersifat negatif........

sebenarnya ada 3 tingkatan atau pembagian nafsu......
umpama warna-warna, 3 hal itu adalah:
1. hitam
2. putih
3. bening

hitam itu ibarat nafsu atau dorongan kepada segala sesuatu yang bersifat negatif (buruk). inilah nafsu yang buruk dan berbahaya.

putih itu adalah dorongan nafsu kepada hal2 yang sifatnya positif (baik), inilah yang disebut nafsu mutmainah itu atau jiwa yang tenang itu.

bening adalah mati nafsu/sama sekali tanpa nafsu. bening tak tergerak kepada negatif ataupun positif. bening itu mengatasi hitam dan putih, kadang ia nampak hitam ditempat yang hitam kadang pula nampak sbg putih ditempat yang putih.

dalam putih, atau mutmainah, ketenangan diperoleh dan dimengertilah akan akan yang disebut sebagai jannah/surga itu, ini adalah level surga.

dalam bening maka dimengertilah kesejatian TUHAN, yang menguasai segala gelap dan terang, hitam dan putih. tiada lagi memilah-milih berdasarkan kecendrungan hati/perasaan dan akal fikiran manusiawi. Dalam bening engkau tak lagi memilah kawan, apakah pendosa ataukah orang2 yang sholeh, engkau menampungnya dan mewadahi semuanya dalam kasih sayang yang sama. apakah islam, hindu, budha, kristen, katholik, konghucu,engkau tak memilah-milih orang, tetap menampung mereka dalam kasih sayang yang sama. sebagaimana TUHAN itu yang tetap saja memberi "kenikmatan" kpd siapa saja meski si durjana sekalipun. inilah letaknya bening itu.

hitam dan putih, gelap dan terang telah ditetapkan dalam 2 kutub berbeda yang akan saling serang dan mengalahkan sampai hari akhir. bening tiada memihak, hanya menjadi pengamat dan tetap memberi jalan kepada keduanya dengan kasih sayang yang sama.