Selasa, 27 Ogos 2013

Bagaimana cara guru mendidik muridnya??

Bagaimana cara guru mendidik muridnya??.......

yah tentu saja dengan cara bagaimana dia dahulu menempuhnya....... saya pun mengajari murid dengan jalan yang saya tempuh dahulu, sebelum akhirnya saya diikuti orang2........ dulu saya suka menyepi dan menyendiri, sekarang saya mendidik yah membuat tempat untuk menyepi dan menyendiri itu...... sama.

dulu yah awalnya saya mulai dari dzikir jahar kemudian tambah sirri, selama bertahun tahun, terus menekuninya. sama, sekarang saya pun mendidik dengan cara seperti itu.......

Pada jaman dahulu kala, para wali pendiri thoriqoh pun menempuh jalan yang sama, namun setelah disusun thoriqohnya rata2 metodenya tidak seekstrim syeh pendirinya dahulu.

saya kasih contoh: seperti syeh abdul qodir jaelani, hidup menggelandang selama puluhan tahun di gurun dan korek2 sampah dipasar2 buat makan, apakah murid2 thoriqoh qodiriyah ada yg menjalani sama dengan yg dijalani abdul qodir jaelani dahulu kala????...... saya rasa tidak.

contoh lain: syeh hasan syadzili hidup menyepi di gua gua, apakah murid2 thoriqoh syadziliah ada yg menjalani sama dengan yg dijalani hasan syadzili??...... saya rasa juga tidak.

Malah mursyidnya banyak yang hidup enak2an dan bermegah megahan. Sudah bergeser jauh dari ajaran lelaku awal para syeh syeh pendirinya dahulu kala....... Ajaran itu sudah bergeser, tidak sama lagi dengan dahulu kala....... makanya cahayanya makin redup dari waktu ke waktu......