Selasa, 29 Julai 2014

syariat dan akhlak

Dalam pelajaran yang saya sampaikan, pada dasarnya memang menitik beratkan pada perkara akhlak ketimbang syariat.....

Jika engkau bertanya mengapa, maka saya akan menjawabnya secara terbuka sekarang.....

Saudara, didunia ini adalah keadaan manusia itu beragam wujudnya......

1. ada yang syariatnya kurang namun akhlaknya bagus....
2. Ada yang syariatnya kurang, akhlaknya jg kurang
3. Ada yang syariatnya bagus namun akhlaknya kurang
4. Ada yang syariatnya bagus, akhlaknya jg bagus, ini adalah yg sempurna......

Saya memahami bahwasannya Allah itu memandang kepada isi hati kita, ketulusan dan keyakinan kita kpdNYA..... Akhlak adalah perkara yg utama sebab tempatnya dalam qolbu yang selalu ditinjau Allah.....

Kekurang sempurnaan syariat seseorang, masih lebih mudah diampuni dan ditutup dengan kemuliaan akhlaknya..... Namun keburukan akhlak itu bisa merusak dan menghanguskan seluruh bagusnya syariat seseorang..... Itulah mengapa, saya memang mengutamakan akhlak dan moral2 yang baik terlebih dahulu dalam keyakinan saya...... Karena kedudukan urgensinya dalam skala prioritas utama dalam pemahaman saya...... Demikian agar engkau bisa faham......