Selasa, 8 April 2014

tentang beda syariat dan hakekat.....

Bagi para murid.....
Pelajaran tentang beda syariat dan hakekat.....

Syariat itu mengandalkan perbuatan tubuh/lahiriah. Sedang hakekat itu mengandalkan perbuatan hati/batiniah. Ketika 2 orang sama2 duduk berjejer di dua buah kursi, secara syariatnya bisa dikatakan mereka sedang melakukan hal yang sama, yaitu duduk-duduk. Tetapi secara hakekatnya, mungkin saja si A sdg melantunkan dzikir di dalam hatinya sdg si B sedang menghayalkan pacarnya.

Meski secara syariatnya keduanya melakukan hal yang sama, tetapi hakekatnya mrk sdng melakukan hal yang berbeda.

Adalagi yang secara hakekatnya melakukan hal yang sama tetapi secara syariatnya melakukan hal yang berbeda. ada si A yang duduk, ada si B yang sdng berdiri, scr syariatnya keduanya beda, tetapi secara hakekatnya keduanya sama2 sdng melantunkan dzikir dlm hatinya.

Didunia ini yang berlaku adalah hukum syariat, sdng di akherat nanti hukum hakekat. Hukum hakekat jauh lebih ketat dan keras. Secara syariat misalnya asal sudah sholat yah sdh melaksanakan kewajiban. Tetapi secara hukum hakekat, sholat tdk khusyuk, mikir jualan laku apa gak, atau mikir duit, itu sdh dianggap menyembah isi pikirannya itu (duit), sdh dianggap syirik. hukum hakekat itu luar biasa beratnya.