Ahad, 1 Januari 2012

Kanjeng Sunan

January 1, 2012 at 1:09am
KANJENG SUNAN

TERSURAT
Apa yang kita kenal sebagai kalam, yaitu apa yang tertulis itulah sesuatu yang tersurat. yaitu bacaan, Qur'an yang banyak mengandung hikmah. lalu dari apa yang tersurat tersebut ada lapisan-lapisan maknawi yang sedemikian dalam, yang tak habis-habisnya digali dan dijabarkan dalam pengetahuan-pengetahuan yang nyata.

TERSIRAT
Jika apa yang tertulis dalam Qur'an itu sebagai sesuatu yang tersurat. maka wujud tersiratnya adalah alam semesta seisinya. apa yang kita temui sebagai KENYATAAN HIDUP, itulah maknawi yg tersirat dari apa yang tersurat. bacaan yang kadim, ayat-ayat Tuhan yang terang benderang tanpa multi tafsir, tertulis tanpa huruf-huruf dan angka-angka. yang tak mungkin di pahami dan ditangkap tanpa adanya komtemplasi dan renungan yang mendalam tentangnya.Qauliyah dan Qauniyah berpadu, krn "obahing njero hiyo obahing njobo, obahing njobo hiyo obahing njero".gerak didalam adalah gerak diluar dan gerak diluar adalah gerak didalam. apa yang hadir dari "obahing njero"/gerak di dalam yaitu yang terpancar dari kesucian nurani akan kawistara/mawujud sebagai suatu kenyataan dalam kehidupan ini. apa yang telah dinyatakan dari "obahing njero"/gerak dalam itulah yang dipersaksikan sebagai syahadat kesaksian diri pribadi. maka bacalah! (iqra')... bacalah lalu saksikanlah, bacalah apa yang terpancar dari kesucian nuranimu, lalu saksikanlah apa yg mawujud dalam kenyataan hidupmu.

TERSURUT
Jika telah mengenali yang tersurat dan tersirat mestilah akan tersurut. surut itu artinya berkurang. hanya ada dua alternatif tentang hal tersebut apakah berkurang baiknya ataukah berkurang buruknya? bilamana segala keburukan-keburukan jiwa yang tersurut, maka telah benarlah jalannya.

TERAWAT
Merawat adalah perkara terakhir yang paling sulit, karena apa2 yang telah tercapai, hanyalah tanaman yang mngkin saja mati krn perawatan yang salah. keistiqomahan adalah inti dari perawatan.

SUSUNAN
Bilamana telah mampu untuk melewati tahapan demi tahapan dan mampu merawat dengan baik apa yang telah indah, ia akan mampu untuk membuat susunan, yaitu susunan kalam, yang memberi manfaat bagi banyak umat. menyusun dari apa yang tercecer, apa yang terbengkalai sebagai sampah2 umat, menjadi suatu susunan yg bernilai dan indah, menyusun masyarakat yang jahiliyah menuju terang benderang cahaya Tuhan. mereka-mereka inilah yang disebut KANJENG SUNAN, yaitu yang mampu membuat susunan. salam hormat serta sujud baktiku kepada engkau sekalian wahai para KANJENG SUNAN, ridho dan rahmat Allah semoga tercurah atas dirimu sekalian.